Ajak Gabung temen,sahabat,keluarga,kakak,kakek,adik,nenek,pacar,ayah,ib,dll... jangan lupa!!! Daftar isi ada di bawah posting.... KLIK "LIKE" UNTUK MENGIKUTI JELAJAH ANEH DI FACEBOOK

12 senjata masa perang kemerdekaan Indonesia

blogger templates
Yuk Cuss >>
Kemerdekaan adalah hak segala bangsa , namun tidak mudah bagi tiap bangsa untuk memperoleh haknya dalam bentuk kemerdekaan. Mereka harus mengorbankan ratusan ribu hingga jutaan nyawa demi berdaulatnya sebuah negara yang merdeka. Di Indonesia perjuangan dimulai sejak 350th yang lalu ketika penjajah belanda melakukan penjajahan dan perampokan keji ke bumi nusantara , sudah tidak terhitung berapa nyawa dan darah harus ditumpahkan oleh leluhur bangsa ini demi mengusir mereka.
Peperangan identik dengan persenjataan , mulai dari senjata tradisional hingga senjata modern. Dan senjata memiliki peran penting bagi menang kalahnya sebuah peperangan. Untuk mengenang perlawanan dan perjuangan leluhur bangsa ini melawan penjajah belanda dan jepang


1. Sten Gun (MK I - MK VI )



Sub machine gun buatan inggris ini awali diproduksi taun 1941. Didesain oleh Major Reginald V. Shepherd dan Harold j.Turpin. SMG atau Sub Machine Gun ini didesain untuk dapat gampang diproduksi massal dan murah harga nya. Tidak heran jikalau bentuk smg ini simpel dan kasar. Perbandingan harga nya adalah 15 sten gun sama dengan 1 lee enfield. Pejuang kita merampasnya dari tentara inggris.
Rate of fire : 500 peluru/menit.
jarak efektif : 60 m.


2. LE ( Lee Enfield )



SMLE ( Short Magazine Lee Enfield ), adalah bolt action rifle yang awal-awal mengadopsi sistem magasin. Pertama diproduksi oleh inggris taun 1895 dan dipakai di dua perang dunia apalagi pada konflik afganisthan. Sesuai dengan namanya, senapan ini didesain oleh james paris lee, rsaf ( royal small arms factory : pabrik senjata inggris ) enfield. pejuang kita merampasnya dari inggris dan belanda.
Jarak efektif : 503 m.


3. OWEN


Quote:
Owen adalah SMG buatan australia. Pertama diproduksi th. 1938. Didesain oleh Evelyn Owen, veteran tentara australia. Dibikin menurut smg sten gun inggris dan thompson amerika. SMG ini berhasil menjawab kecemasan australia yang waktu itu masih kekurangan senjata padahal jepang akan menjajah australia. Pejuang indonesia mendapatkan senjata ini merampas dari inggris.
Rate of fire : 700 peluru/menit.

4. M1 Garand



Barangkali inilah semi automatic rifle sekutu yang sangat populer di muka bumi semasa perang dunia 2. Senjata ini tentu jadi senjata wajib jika anda main game fps wwii seperti call of duty. Senjata bolt action terlaris didalam histori. Buatan amerika serikat, pertama diproduksi th. 1936. Didesain oleh john c. garand. Pejuang indonesia merampas dari inggris dan belanda.
Jarak efektif 402 m.


5. Bren



Siapa tidak kenal bren ? Light machine gun dari inggris ini adalah andalan sekutu untuk menyaingi light machine gun jerman yang populer, mg42. Sangat populer dan dipakai dengan secara luas di nyaris seluruh permukaan bumi. Sesungguhnya bren adalah modifikasi dari light machine gun cekoslovakia, zb vz. 26. Nama bren sendiri adalah akronim dari brno ( tempat zb vz 26 didesain ) dan enfield ( rsaf ). Pertama diproduksi 1935. Pejuang Indonesia merampas dari inggris dan belanda.
rate of fire : 500–520 peluru/menit.
jarak efektif : 550 m.


6. Arisaka



(有 坂銃 Arisaka-jū) adalah bolt action rifle buatan jepang. Terdiri dari 5 varian, jenis 30, 38, 44, 97, 99. Pejuang indonesia sangat banyak memakai yang 44. Diproduksi pertama kali 1898. Penjuang indonesia mendapatkan rampasan dari jepang.
jarak efektif : 400 m.


7. Nambu Type 97



Light machine gun buatan jepang ini tak hanya dipakai oleh infantry, namun dipasang juga di tank dan pesawat. Diproduksi dari th. 1937.
rate of fire : 500 peluru/menit.
jarak efektif 540 m.



8. LEWIS



Light machine gun ini adalah hasil kerja sama amerika serikat dan inggris. Diproduksi di kedua negara dan didesain oleh colonel isaac newton lewis, seorang tentara amerika. Awal diproduksi 1913. Dipakai luas oleh angkatan bersenjata inggris. Senapan ini sempat menorehkan sejarah di indonesia, gembong pki muso, tewas di tangan senapan ini.
rate of fire : 500–600 peluru per menit.
jarak efektif 800 m.





0 Response to "12 senjata masa perang kemerdekaan Indonesia"

Entri Populer